Senangnya, Pendidikan Islam Mulai Diminati Masyarakat !

Senangnya, Pendidikan Islam Mulai Diminati Masyarakat !
Seiring dengan kemajuan ekonomi dari waktu ke waktu, eksistensi lembaga pendidikan Islam semakin diakui oleh masyarakat dan negara. Hal ini terbukti dengan minat masyarakat yang cukup besar untuk menyekolahkan anaknya ke beberapa pendidikan islam.

Tak hanya itu, minat yang besar untuk menyekolahkan anaknya ke lembaga pendidikan Islam terlihat juga keberpihakan serta pengakuan Negara secara lebih jelas terhadap mutu dan kelembagaan sekolah yang berbasiskan Islam. Indikasi ini menjadi salah satu poin yang positif bagi keberlangsungan pendidikan Islam di Indonesia.

Menurut pandangan Pak Azra, minat dan pengakuan tersebut bisa dijelaskan dengan berdirinya Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta pada era tahun 2000-an. Hal serupa juga terlihat dari banyaknya inovasi pendidikan dan kelembagaan Islam yang bergerak untuk mendirikan beberapa sekolah berbasiskan Islam dengan berbagai macam terobosan metodologis dan materi pembelajaran.
 
Namun, di sisi lain Dr. Nevzat Chelik dari Universitas Sorbonne, Perancis menyampaikan bahwa inovasi apapun yang dilakukan oleh lembaga pendidikan Islam, tetaplah harus berpijak pada jati diri dan filosofi pendiidkan Islam itu sendiri.

Sementara itu, Prof Masykuri Abdillah menekankan bahwa dalam pendidikan Islam yang baik dan komprehensif serta mendalam, akan dilahirkan peserta didik yang mampu menghargai perbedaan, bersikap terbuka dan menjaga harmonitas social yang baik. Pendiidkan tersebut akan berakar pada ajaran Islam yang kokoh tetapi melahirkan manfaat social yang nyata dan dihargai oleh semua. Dan, disinilah arti strategi kedalaman pendidikan Islam.

Comments

Popular Posts