Sebanyak 7 Prodi S1 di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Akan Reakreditasi Tahun 2018



Sebanyak 7 Prodi S1 di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Akan Reakreditasi Tahun 2018


Akreditas adalah nilai kampus atau sebuah sekolah yang sudah memenuhi kriteria. Nah, di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta ini akan melakukan Reakreditasi untuk 7 Prodi. Sebelum kalian penasaran apa aja sih 7 Prodi tersebut yang akan di Reakreditasi. Aku akan membahas sedikit tujuan dari akreditasi ini, yaitu untuk memberikan jaminan kepada public bawa Universitas atau bahkan sebuah sekolah tersebut telah menyediakan layanan pendidikan yang memenuhi standar akreditas nasional.

7 Program Studi yang akan di Reakreditasi yaitu :
·         Aqidah Filsafat
·         Pendidikan Bahasa Inggris
·         Tadris Fisika
·         Farmasi
·         Kesehatan Masyarakat
·         Pendidikan Dokter
·         Pendidikan Matematika.

Guna memperoleh hasil maksimal dalam proses reakreditasi tersebut, LPM UIN Jakarta mengundang ketujuh prodi tersebut dalam acara rapat persiapan reakreditasi. Kegiatan tersebut dilaksanakan di ruang rapat LPM, 12 Oktober 2017. Dalam rapat tersebut, Koordinator Akreditasi LPM, Iwan Permana, menyampaikan beberapa hal penting terkait proses akreditasi dengan berpedoman pada UU Sisdiknas No 20 Tahun 2003. 

Dalam kesempatan itu, seorang narasumber juga menyampaikan tentang pentingnya memperhatikan pasal 8 ayat 3 Permendikbud No. 59 tahun 2012 yang menyatakan bahwa Satuan Pendidikan wajib mengajukan kembali akreditasi 6 bulan sebelum masa akreditasi sebelumnya berakhir. Bila hal ini diabaikan dan program studi kemudian terbukti mengeluarkan ijazah saat program studi tidak terakreditasi maka gelar akademik para mahasiswanya dinyatakan tidak syah (Pasal 28 ayat 2, UU Sisdiknas Nomor 12 tahun 2012).
 
LPM UIN Jakarta, dalam kesempatan itu juga mengundang 3 program Magister yang masih terakreditasi C dan 6 prodi baru yang akan mengajukan prodes akreditasi minimal. Pertemuan tersebut diharapkan menghasilkan kesepahaman dan kesepakatan tentang pentingnya memahami peraturan agar terhindar dari permasalahan di masa yang akan datang.


Comments

Popular Posts