Bagusnya Desain Dari Perpustakaan Universitas Satya Negara Indonesia (USNI)

Perpustakaan USNI

Nah, Perpustakaan USNI ini lagi banyak banget yang ngomongin loh readers! Jadi, banyak yang suka sama desain loh. Memang saya akui kalau desainnya tuh bagus. Dia Cuma 1 lantai, tapi bagusnya mereka bisa memanfaatkan 1 lantai itu dengan bagus sehingga bisa membuat para pemustaka merasa betah dan nyaman. Bisa dilihat dari gambar di atas, mereka benar-benar mendesain ruangan tersebut dengan matang.  Posisi dari meja baca dan rak juga tertata dengan rapih dan menarik.

Waktu itu saya pernah kunjungan kesana katanya dulu tuh desain perpustakaannya tidak seperti yang sekarang (nah sayang banget saya ga punya fotonya) terus ketika saya ngobrol dengan kepala perpustakaannya, ternyata desain peprustakaan ini seluruhnya di ubah oleh kepala peprustakaan yang baru. Katanya juga dulu itu gak ada pengunjungnya karena desainnya yang engga memadai.

Nah, ini pintu utama perpustakaan readers. Di depan perpustakaan juga ada mading, rak sepatu, dan juga sebuah pamflet yang berisi tentang jam buka dan peraturan perpustakaan. Tapi aku ga foto hehe. Sedangkan, untuk ruang baca perpustakaan kalian bisa lihat gambar yang paling atas ya.
Lobby Perpustakaan USNI

Ketika perpustakaan ini di ubah, banyak pemustaka yang datang. Yang dulunya Cuma ada 10% hingga 15% pemustaka, sekarang bisa hingga 90% loh readers. Mereka juga memberikan fasilitas BI Corner. Seperti yang kita ketahui nih readers, kalau BI Corner ini udah ada di banyak perpustakaan. Gak cuma perpustakaan perguruan tinggi, tapi ada juga di perpustakaan MAN 4 Jakarta.

BI Corner Perpustakaan USNI


Selanjutnya, ada gambar ruang kepala perpustakaan dan juga staff peprustakaan.


Bagusnya Desain Dari Perpustakaan Universitas Satya Negara Indonesia (USNI)
Di perpustakaan ini, staff nya emang ga banyak readers. Jadi, wajar aja kalau ruangan ini terlihat kecil.

Selain ruang baca koleksi umum, perpustakaan ini juga memiliki rak skripsi yang letaknya dekat dengan BI Corner dan juga ruang kepala perpustakaan.


Bagusnya Desain Dari Perpustakaan Universitas Satya Negara Indonesia (USNI)

Oh iya, Lokasi peprustakaan ini berada di lantai 5. Sayang banget sih, perpustakaan USNI ini masih gabung dengan gedung salah satu fakultas yang artinya dia belum punya gedung sendiri. Padahal mereka itu perpustakaan pusat loh. Tapi, kata kepala peprustakaannya dia sudah memasang target untuk membuat perpustakaan itu mempunyai gedung sendiri. 

Di dalam perpustakaan USNI ini mereka mempunyai gambar peta dunia yang gede dan mereka pasang di ujung ruangan (seperti yang ada di gambar cover blog saya) dan itu biasanya suka digunakan pemustaka untuk berfoto termasuk saya dan teman-teman saya ketika berkunjung kesana hehe 

Bagusnya Desain Dari Perpustakaan Universitas Satya Negara Indonesia (USNI)

Oh iya, kepala perpustakaannya juga friendly banget loh readers. Waktu saya berkunjung dia banyak bercertia tentang peprustakaan USNI yang sebelumnya bisa di bilang engga bagus, sekarang udah bagus. Mulai dari desain atau tata ruang perpustakaannya, koleksi bukunya yang sekarang sudah teratur dan sudah menggunakan klasifikasi yang sama dengan perpustakaan lain, sampai sekarang yang katanya mereka sedang melakukan proses repository. Ini nih foto saya dan teman-teman saya bersama dengan kepala peprustakaannya dan salah satu staffnya.

Bagusnya Desain Dari Perpustakaan Universitas Satya Negara Indonesia (USNI)


Comments

Popular Posts